Senin, 07 Januari 2013

Stres Pada Setiap Periode Kehidupan



1.    Stres pada Masa Bayi
Situasi stres yang umumnya dialami oleh bayi meruapak pengaruh lingkungan yang tidak ramah. Selain itu, juga karena adanya keharusan bagi bayi untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan atau peraturan orang orang tua. Dalam menyesuaikan diri terhadap tuntutan tersebut, ia harus mengendalikan dorongan-dorongan alamiah atau nalurinya. Tuntutan atau peraturan yang harus diikuti oleh bayi itu diantaranya menerima penyapihan dari ibunya, belajar cara makan dan mematuhi jadwal waktunya, serta berlatih buang air pada tempatnya dan bercebok setelahnya.
Kemampuan penyesuaian diri bayi terhadap tuntutan tersebut ternyata tidak berlangsung secara otomatis, tetapi melalui proses yang tisak jarang menimbulkan kesulitan. Pada proses penyesuaian diri inilah, bayi sering mengalami stres. Faktor lain dapat menyebabkan stres pada bayi adalah sikap penolakan atau ketidaksenangan ibu yang ditandai dengan perlakuan ibu yang kasar, marah-marah, atau kurang memperhatikan kebutuhannya.
2.    Stres Pada Masa Anak
Stres pada anak-anak biasanya bersumber dari keluarga, sekolah, atau teman mainnya. Stres yang bersumber dari keluarga antara lain kurangnya curahan kasih sayang dari orang tua dan perubahan status keluarga.
Sedangkan sumber yang berasal dari sekolah diantaranya sikap atau perlakuan guru yang kasar, kurang berhasil dalam bidang akademis, tidak naik kelas, kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru, dan keadaan sekolah yang kurang kondusif untuk belajar.
3.    Stres Pada Masa Remaja
Pada kepercayaan yang sudah populer di masyarakat bahwa masa remaja merupakan masa stres dalam perjalanan hidup seseorang. Sumber utama terjadinya stres pada masa ini adalah konflik atau pertentangan antara dominasi peraturan dan tuntutan orang tua dengan kebutuhan remaja untuk bebas atau independence dari peraturan tersebut.
Banyaknya reaksi penyesuaian remaja yang negatif merupakan pernyataan dari upaya-upaya untuk mencapai kebebasan tersebut. Gejala-gejala umum kesulitan remaja dalam menyesuaikan diri ini antara lain membolos dari sekolah, bersikap keras kepala atau melawan, berbohong, dan lain sebagainya.
4.    Stres Pada Masa Dewasa
Stres yang dialami oleh orang dewasa pada umunya bersumber dari beberpa faktor. Di antaranya adalah karena kegagalan perkawinan, ketidakharmonisan hubungan dalam keluarga, masalah nafkah hidup atau kehilangan pekerjaan, ketidakpuasan dalam hubungan seks, penyimpangan seksual suami atau istri, monopause, gangguan kesehatan fisik, anak yang nakal, dan lain sebagainya.
Sumber :
Mashudi, Farid. 2012. Psikologi Konseling. Jogjakarta: IRCiSoD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar