Kamis, 03 Januari 2013

Kaitan Psikologi Konseling dengan Sosiologi dan Antropologi




Psikologi konseling sebagai ilmu pengetahuan (scientific) memiliki hubungan erat dengan sosiologi dan antropologi. Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang ditandai adanya hubungan antara manusia yang satu dan lainnya. Hubungan antarmanusia merupakan kebutuhan manusia bersama, sehingga tidak ada satu pun manusia yang sanggup hidup sendiri. Manusia, di mana pun berada tidak dapat dipisahkan dari lingkungan masyarakatnya.
Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang banyak mempelajari tentang perilaku manusia dilihat dari aspek terbentuknya perilaku dan dinamika perilaku dalam kaitannya dengan kehidupan sosial. Di sisi lain psikologi konseling juga mempelajari perilaku konseli dalam hubungannya dengan masalah-masalah hidupnya. Sehingga bila dipadukan dapat terjadi sentuhan objek yang dikaji disiplin ilmu tersebut.
Manusia tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, dan perilaku manusia akan menghasilkan budaya, wlaupun dip pihak lain budaya sebagai produk perilaku manusia akan berpengaruh terhadap perilaku manusia itu sendiri. Dalam kaitan ini antropologi banyak bermain peran di dalam mengkaji perilaku manusia dalam hubungannya dengan kebudayaan. Antropologi berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya, dan untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
Sumber :
Hartono dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling (ed). Jakarta: Kencana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar