Minggu, 23 Desember 2012

Konsep Dasar Bimbingan Kecakapan Berpikir dan Kemandirian Belajar



A.  Makna Belajar
Belajar merupakan hal yang vital dalam kehidupan manusia, karena “sebagian besar perkembangan individu berlangsung melalui kegiatan belajar” (sukmadinata, 2005).
Witherington (1952) mendefinisikan “belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.
Hilgard (1962) juga menyatakan : “belajar adalah proses di mana suatu perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap suatu situasi”.

B.  Makna Bimbingan
Istilah bimbingan diambil dari kata dalam Bahasa Inggris “giude” atau “guidance”, yang berarti “memimpin, menuntun, mengatur, mengarahkan, memberi nasehat, dan memberi petunjuk” (Echols & Shadily, 2000 : 283).
Menurut Jones, et al. (1977 : 3), “guidance is the assistance given to individuals in making intelligent choices and adjusments”, bahwa bimbingan merupakan suatu bantuan yang diberikan kepada individu dalam membuat pilihan-pilihan dan penyesuaian-penyesuaian yang intelligen dan sesuai.
Makna bimbingan menurut Natawidjaja adlah suatu layanan bantuan kepada individu secara berkesinambungan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan sehingga mencapai perkembangan secara optimal dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
C.  Makna Kecakapan Berpikir
Kecakapan merupakan keterampilan melakukan suatu tugas tertentu yang diperoleh dengan cara berlatih terus menerus, karena keterampilan tidak serta merta datang sendirisecara otomatis dan kebetulan , melainkan secara sengaja diprogram melalui latihan terus menerus.
Robert (dalam Wahidin, 2004) berpendapat, berpikir merupakan proses mental melalui membayangkan, memanipulasi, dan menggambarkan idea abstrak berupa anggapan, pendapat, tanggapan terhadap sesuatu dalam pikiran (mind) seseorang.
D.  Makna Kemandirian Belajar
Kata “mandiri” diambil dari dua istilah yang pengertiannya sering disejajarkan silih berganti, yaitu autonomy san independence, karena perbedaan sangat tipis dari dua istilah tersebut (Steinberg,1993).
Menurut Watson & Lindgren (1973) kemandirian berarti kebebasan untuk mengambil inisiatif, mengatasi hambatan, melakukan sesuatu dengan tepat, gigih dalam usaha, dan melakukan sendiri segala sesuatu tanpa mengendalikan bantuan orang lain.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar